Gagal Booting

Ada beberapa penyebab computer tidak dapat masuk / gagal ke Windows. Solusinya pun bermacam-macam tergantung dari pesan kesalahannya.

1. Jika pesan kesalahan “Unmountable boot volume”, hal ini disebabkan oleh rusaknya file boot.ini.
Solusi : Booting dgn CD Windows XP. Saat tiba di halaman setup windows yg berwarna biru, tekan huruf R untuk menjalankan Recovery Console. Pilihlah partisi windows anda dan isi password administrator. Setelah masuk ke command prompt, masukkan perinta chkdsk/p dan tekan enter. Setelah selesai, ketik fixboot lalu tekan Y saat muncul konfirmasi. Setelah selesai, keluar dgn perintah exit.

2. Jika pesan kesalahan “NTLDR Missing press a key to reboot”
Solusi : Boot dgn CD Windows XP dan masuk ke Recovery Console. Masukkan nomor partisi dimana windows XP terinstall , biasanya partisi yg digunakan adalah nomor 1. Kemudian di command prompt masukkan perintah berikut :
copy x:\i386\ntldr c:\
copy x:\i386\ntdetect.com c:\

Dimana x adalah drive CD-ROM anda. Kemudian keluar dgn perintah exit

3. Jika pesan kesalahan “NTOSKRNL.EXE missing or corrupt.
Solusi : Dgn cara yang sama spt di-atas masuk ke Recovery Console, kemudian pada command prompt ketikkan sbb :
cd i386
expand ntkrnlmp.ex_ c:\Windows\system32\ntoskrnl.exe
exit

4. Jika pesan kesalahan adalah hilangnya file hal.dll
Solusi : Ketikkan pada command prompt
fixmbr
bootcfg/rebuild

Ok, itu sedikit dari banyak hal yang sering terjadi dalam sistem Windows XP. Semoga informasi ini bisa sedikit membantu Anda.

Terima kasih

PeeP !!!

2 comments:

  1. Bro... mending paling cepet ngatasi “NTLDR Missing press a key to reboot” pake backup repair bro... dulu beberapa kompie dikantor gw pernah ngalami gitu... biasa... ank2 jail... sehari langsung bebrpa kompie... langsung aja bootingin ke backup repair...lngsng beres.. hemat...cepat... ga pake lama.... hiks...hiks...

    ReplyDelete
  2. 4 masenchipsz....
    bro makasi masukannya, pake backup repair bisa juga, tapi klo menurt gw lebih cepat dan hemat pake cara gw ntu, coz itukan cuma re-copy file yg rusak

    oke bro

    thanks..

    ReplyDelete